Kata Pengantar
Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah
berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk
Allah Tuhan seluruh alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya
yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah
materi dengan judul ”Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan
Perdagangan Elektronik (E-Commers)”.
Dalam penyusunannya, penulis bekerjasama secara adil
dan baik sehingga tugas ini bisa terselesaikan tepat waktu. Dengan keseriusan
penulis dalam mengerjakan tugas ini,
serta sumber referensi yang jelas dan teruji, yaitu buku Sistem Infomasi
Manajemen yang Meskipun penulis berharap isi dari tugas ini bebas dari
kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu,
penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun.
Akhir kata penulis berharap agar materi yang ada dalam
tugas ini bermanfaat bagi semua pembaca.
Daftar Isi
Kata Pengantar
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Rumusan Masalah
BAB II PEMBAHASAN
- Perdagangan Elektronik
a.
E-Commerce
Di luar Batas Perusahaan
b.
Manfaat-Manfaat
Yang Diharapkan Dari E-Commerce
c.
Kendala-kendala
E-Commerce
d.
Ruang
Lingkup E-Commerce
e.
Jalan
Menuju E-Commerce
- Inteligensi Bisnis (Business
Inteligence)
a.
Basis
Data External
b.
Mesin
Pencari
- Strategi E-Commerce Dan Sistem
Interorganisasional
- System Interorganisasional
a.
Manfaat
IOS
b.
EDI
c.
Ekstranet
d.
Sekutu-sekutu
Bisnis Proaktif Dan Reaktif
e.
Pengaruh
Penerapan
f.
Manfaat-Manfaat
tidak Langsung IOS
- Strategi B2C Untuk E-Commerce
a.
Produk-produk
Digital
b.
Produk-produk
Fisik
c.
Penjualan
Maya Versus Campuran
d.
Pemerintahan
Elektronik
- Langkah E-Commerce Berikutnya
a.
Perdagangan
Bergerak
b.
Nirkabel
Berkelas Bisnis Di Semua Tempat
- Menggunakan Internet
a.
World
Wide Web
- Cyberspace Dan SuperHighWay
informasi
a.
Standar
Internet
- Aplikasi Bisnis Internet
a.
Aplikasi
Ritel
- Saran-Saran Keberhasilan
Penggunaan Internet
- Dampak Internet Pada Bisnis
DiMasa Mendatang
BAB III PENUTUP
- Kritik dan Saran
- Kesimpulan
- Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perdagangan elektronik yang biasa
disebute-commerce, adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk
melaksanakan proses bisnis.
(E-Commerce),
adalah penggunaan jaringan komunikasi dan computer untuk melakukan kegiatan
bisnis. Perdagangan popular dari E-Commerce adalah penggunaan jaringan computer
dengan menggunakan browser web untuk menjual dan membeli produk. Meskipun
pedagangan ini tidak salah, ini adalah merupakan bagian kecil dari E-Commerce.
Sebagian besar E-Commerce terjadi antar bisnis dengan konsumen.
Kalangan
bisnis telah mempetukarkan data telah mempertukarkan data secara elektronik
selama brtahun-tahun sebagai upaya untuk membuat operasi sebagian dengan lebih
efisien. Jalur komunikasi yang dipergunakan sering kali disewa dari perusahaan
telepon (AT&T, MCI, dan lain-lain). Dan peranti keras komunikasi khusus
dipergunakan disetiap ujung jalur untuk memfasilitasi perpindahan data antar
computer-komputer bisnis. Dibuat pula standar format petukaran data secara
elektronik dapat melakukannya. Pertukaran data bisnis-ke-bisnis
(business-to-business) akan mendukung E-Commerce.
E-Commerce
bisnis ke konsumen(business to consumen) adalah perkembangan yang terakhir, dan
tampaknya semua orang kini berselancar di internet untuk membeli buku-buku dan
musik. Penjualan bisnis ke konsumen sangat kecil jumlahnya jika dibandingkan
dengan penjualan bisnis ke bisnis, namun hal itu masih mencerminkan satu
peluang bagi pertumbuhan bagi laba yang besar. Perusahaan harus mmemahami
peranan yang dimainkan oleh inrternet dan world wide web dalam memberikan
instruktur yang dibutuhkan bagi keberadaan E-Conmerce.
Meskipun E-Commerce saat ini dianggap sebagai
satu jenis perdagangan yang berbeda, tak berapa lama lagi ia hanya akan mejadi
sisi lain dari transaksi bisnis sehari-hari, telepon, yang ditemukan pada tahun
1876 dapat memberi kita satu perspektif. Seperti internet dan web, aplikasi
praktis bagi telepon hnya muncul setelah banyak digunakan. saksi penjualan dan
jasa. Bisnis tumbuh dan berubah agar dapat menganbil keuntungan dari teknologi
baik teknologi itu berupa telepon atau world wide web.
- Rumusan Masalah
1.
Apa
yang maksud dengan E-Commerce?
2.
Bagaimana
perkembangan E-Commerce Di Indonesia?
3.
Apa
saja manfaat E-Commerce?
4.
Apasaja
kendala-kendala E-Commerce?
5.
Bagaimana
ruang lingkup E-Commerce?
6.
Bagaimana
strategi dalam menggunakan E-Commerce?
7.
Apa
yang dikamsud dengan system interorganisasional?
8.
Apa
itu pertukaran data elektronik?
9.
Mengapa
perusahaan menjual produk-produknya dari tempat berjualan fisik dan maya?
10. Apa keuntungan dan kerugian
menggunakan perdagangan elektronik?
BAB II
PEMBAHASAN
1.
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Beberapa orang
mendefinisikan perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan
sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikanhanya meliputi transaksi bsnis yang berhubungan dengan
pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan computer mereka masing – masing
melalui internet. Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya
transaksi – transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat
diklarifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada didalam
batas perusahaan, Orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis
elektronik. Membatasi transaksi internal versus eksternal sebagai bisnis
elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan menawarkan banyak bantuan,
karena kebanyakan orang menganggap bisnis elektronik sebagai suatu hal yang
sama.
Kita akan melihat
pandangan luas e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun internal
perusahaan. Dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan
elektronikakan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal dilaksanakan di
dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia,
layanan informasi, produksi, pemasaran, dan lain-lain. Bisnis telah mengalami
penyebaran secara fisik, dengan pabrikn yang berlokasi diberbagai daerah, atau
bahkan diberbagai Negara. Bidang bisnis itu sendiri juga bertindak sebagai
pemasok atau pelanggan kebidang organisasi yang lain. Dalam definisi luas kita
ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis
komputer,dan antarmuka (interface) sebuah browser Web akan memenuhi persyaratan
sebagai perdagangan elektronik(e-commerce).
a.
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika kita
membedakan 2 jenis e-commerce yang terjadi dengan identitas di luar batas
perusahaan. E-Commercebisnis-ke-konsumen (busibess-to-consumer—B2C) mengacu
pada transaksi - transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk;e-commercebisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu pada
transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
Sebagai contoh, dalam rantai distribusi dari produsen ke distributor ke toko
eceran kekonsumen seluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang lain
adalah B2B sampai transaksi terjadi antara toko eceran dengan konsumen,yaitu
merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B melibatkan
jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka berada di dalam kelompok
layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang yang terlibat
dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi
dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut. Karena
terjadi antar bisnis, jumlah transaksi B2B dapat relatif kecil tetapi dengan
nilai yang cukup tinggi. Satu transaksi antara sebuah produsen dan distributor
dapat menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan dolar.
b.
Manfaat - manfaat yang Diharapkan
dari E-Commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce
untuk mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan –perbaikan
ini diharapkhan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
1.
Pebaikan
layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualan
2.
Perbaikan
hubungan dengan pemasok dan komunikasi keuangan
3.
Peningkatan
imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Manfaat di atas akan
memberikan kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya
bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan
teknologi komputer. Ingat bahwa peningkatan laba tidak termasuk kedalam manfaat
yang diharapkan e-commerce. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi yang
mencapai tujuane-commerceadalah sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu
organisasi mencapai tujuannya.
c.
Kendala-kendala E-Commerce
Pada survei tahun 1960, 60 %
perusahaan yang memberikan respons menunjukkan bahwa mereka belum
mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya
dalam waktu tiga tahun kedepan. Bahkan pada tahun 2004, Departemen perdagangan
AS melaporkan bahwa hanya 2,3 % dari seluruh penjualan ritel kuatral keempat dilakukan
dalam bentuk e-commerce. Perusahaan yang telah menginplementasikan sistem mengunakanya
terutama untuk melakukan transaksi dengan pemasok dan pelanggan (pada tingkat
sekitar 90%), dan proses – proses utama yang berhubungan dengan pesanan
pembelian, transfer pembayaran, dan faktur.
Ketika ditanyakan
mengenai alasan dari kehati-hatiannya,perusahaan menyebutkan 3 kendala dengan
urutan sebagai berikut :
1.
Biaya
yang tinggi
2.
Kekhawatiran
akan masalah keamanan
3.
Peranti
lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Masing-masing kendala di
atas akan semakin tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan
sistem informasi. Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya menurun. Seperti
yang diuraikan bab 1, hukum moore meramalkan penggandaan kekuatan komputer
setiap 18 bulan. Dengan berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan, biayae-commerce juga
akan turun.
d.
Ruang Lingkup E-Commerce
Ketika anda membaca bagian ini,
pahamilah bahwae-commercebersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat
berubah dalam waktu hanya beberapa bulan. Anda hendaknya mengunjungi
WWWCENSUS.GOV dan hubungkan ke halaman web e-stats untuk mengetahui angka-angka
e-commerceyang terakhir.
E-commerce menyumbang
hampir $1,7 triliun untuk aktivitas perekonomian di amerika serikat selama
tahun 2003. E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari
15% setiap tahunnya selama 5 tahun terakhir. Tingkat pertumbuhan ini dapat
mengalami perlambatan pada waktu tertentu, tetapi kemungkinan akan terus
berlanjut selama beberapa tahun mendatang. Jumlah dampak perekonomian akan
bervariasi dari satu industry keindustri lain, tetapi kurang dari 94 %
e-commerce adalah B2B, menyisakan 6% untuk B2C.
Lebih dari 21 % penjualan
pabrik produksi AS ($843 miliar) pada tahun 2003 merupakan hasil dari e-commerce.
Hampir 17% penjualan dari distributor($730 miliar) adalah e-commerce.presentase
e-commerce yang dilakukan disektor perdaganggan eceran yang berada dikisaran
2%. Ini hanya karena jumlah dolar penjual eceran yang tinggi, jika dibandingkan
dengan segmen-segmen industry yang lain, dengan B2C menyumbang lebih dari $69
miliar untuk aktivitas perdagangan elektronik AS pada tahun 2004.
E-commerce memiliki arti
penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang
menyubangkan persentase dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segemen-segmen
tersebut. table 3.1 menunjukkan beberapa contoh yang menyoroti dampak e-commerce
dalam bidang-bidang tertentu. Perhatikan kenaikan presentase penjualan
e-commerce sebagai bagian dari total penjualan AS sejak tahun 2000 hingga tahun
2003. Perdaganggan elektronik telah mencapai kematengan hingga ketitik dimana
ia menjadi sesuatu yang vital bagi perekonomian, dan arti pentingnya juga akan
terus berkembang.
SEGMEN
INDUSTRI
|
%E-COMMERCE DARI TOTAL PENJUALAN
|
|
2000
|
2003
|
|
Produksi pakaian
Produksi peralatan dan transportasi
Distributor kendaraan motor
Distributor obat – obatan
Ritel perjalanan dan reservasi
|
20%
46%
20%
40%
24%
|
24%
50%
25%
49%
25%
|
Table 3.1 presentase
penjualan E-commerce versus total penjualan diberberapa segmen industry
tertentu.
e.
Jalan Menuju E-Commerce
Ketika sebuah perusahaan merasa bahwa
manfaat yang diharapkan lebih besar daripada biaya dan memutuskan untuk
mengimplementasikan e-commerce, perushaan tersebut menyadari bahwa implementasi
yang akan dilakukan bias jadi merupakan suatu pekerjaan yang besar. Rencana bisnis
strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih
keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan
bisnis sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang
akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
2.
INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS
INTELLIGENCE)
Melaksanakan e-ecommerce
bukanlah suatu keputusan yang diambil tanpa pertama – tama meraih pengetahuan
terlebih dahulu tentang perusahaan dan hubungannya dengan para pelanggan, pesaing,
pemasok, dan pihak – pihak eksternal lainya. Intelgensi bisnis (business
intelligence-BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur – unsur
didalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
a.
Basis Data Eksternal
Perusahaan tidak harus
mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data
komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek. Perusahaan
menggunakan berbagai basis data ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena
ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber
informasi.
Basis data pemerintah
juga merupakan sumber informasi penting lainnya. Informasi diberikan dalam
sejumlah format dan dapat bisa bersifat umum seperti suatu industri atau
bersifat spesifikasi seperti suatu Wilayah. Pemerintah pusat dan banyak
pemerintah daerah mendapat mandat untuk menyediakan informasi publik melalui
internet.
Perusahaan menjadi
semakin condong untuk melakukan pencarian eksternal sendiri untuk kecerdasan
pasar. Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya fakta bahwa semakin banyak
perusahaan memberikan informasinya sendiri di web.
b.
Mesin pencari
Mesin pencari adalah cara yang paling
populer bagi nseseorang untuk mendapatkan informasi yang tersedia di web.
3.
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM
INTERORGANISASIONAL
Masalah dalam menentukan
strategie-commerceyang terbaik memiliki beberapa kemungkinan solusi. Namun,
strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi di mana unsur-unsur
yang ada dikaitkan dengan trabsmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk
strategi ini adalah sistem interorganisasional, Istilah yang seringkali
dipergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan darielectronic data
interchange (pertukaran data elektronik).
4.
SISTEM INTERORGANISASIONAL
Kita telah mengetahui
bagaiman perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain
untuk menciptakan suatu sistem interorganisasional (interorganizational
sistem—IOS) sehingga semua perusahaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang
terkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap
perusahaan. Perusahaan – perusahaaan Yang berpartisipasi disebut sekutu dagang,
sekutu bisnis, atau alianis bisnis.
a.
Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat
memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan 2
manfaat penting: efesiensi komporatif dan kekuatan penawaran.
Efesiensi komparatif Dengan bergabung dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang
dan jasa dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan selanjutnya memberikan
barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. Hal
ini memberikan para sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas para
pesaingnya.
* Efisiensi internal
terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri, sehingga
memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan
mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.
*Efisiensi
interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja
sama dengan perusahaan-perusahaan lain, ini memungkinkan perusahaan menawarkan
lebih banyak produk dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan
pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan pelangganm dan mengumpulkan
data lingkungan dengan lebih mudah.
Kekuatan penawaran Kemampuan sebuah perusahaan untuk
menyelesaikan perselisihan denganpara pemasok dan pelanggannya demi keuntungan
perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (bargaining power). Kekuatan
ini diambil dari tiga area dasar dengan fitur-fitur produk yang unik, dengan
mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan
meningkatnya biaya perpindahan.
*Fitur-fitur hubungan
yang unik. Hubungan-hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan
pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggannya dalam bentuk penempatan
pesanan yang lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, dan waktu respons yang
lebih cepat dalam permintaan informasi.
*.Menurunkan biaya-biaya
yang berhubungan dengan penelitian. Dengan tergabung dalam suatu IOS,
perusahaan dapat menurunkan biaya “belanja” yang ditanggung oleh para
pelanggannya dalam mencari pemasok, mengidentifikasikan produk-produk
alternatif, dan mendapatkan harga yang lebih murah.
*Meningkatkan biaya
perpindahan. Sebuah perusahaan ingin membuat mahal, baik itu biaya dan/atau
kemudahan bagi para pelanggannya untuk berpindah ke perusahaan pesaingnya. IOS
mencapai manfaat ini dengan memberikan para pelanggannya sumber daya informasi
seperti peranti keras, peranti lunak, dan saluran komunikasi data yang akan
harus diganti jika pelanggan membeli produk dari perusahaan lain.
b.
EDI
EDI terdiri atas
transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang
dapat dibaca oleh mesin. Meskipun EDI merupakan teknologi yang lebih lama, ia
tetap penting karena memfasilitasi sebagian besar mayoritas perdagangan B2B.
transmisi memungkinkan data dipindahkan dan diterima tanpa harus mengetik
ulang. Jalur komunikasi, peranti keras komunikasi, dan jasa-jasa pendukung
untuk EDI pada umumnya diberikan oleh perusahaan telepon (AT&T, MCI, dan
lain-lain).
Ketika jasa yang
menjalankan dan mengelola jalur komunikasi diberikan selain jalur itu sendiri,
disebut sebagai jaringan bernilai tambaJ(value added network-VAN). Beberapa
orang berpendapat bahwa VAN sebenarnya adalah EDI yang telah dikontakkan kepada
suatu vendor. Pandangan ini terlalu disederhanakan. Vendor yang memberikan VAN
juga memberikan keahlian yang berhubungan dengan jalur. Komunikasi yang diminta
, bagaimana ia seharusnya didukung, peluangdan ancaman yang ditimbulkan dari
jalur, dan berbagai pandangan pandangan berharga lainya.
EDI adalah implementasi
dominan dari suatu IOS, lebih dari dua pertiga e-commerce dilaksanakan dengan
menggunakan EDI, jika dibandingkan dengan alternatif-alternatif IOS lainnya.
Meskipun EDI lebih mahal (membutuhkan biaya mulai dari $5.000 hingga $30.000
untuk sambungan selama setahun dengan satu vendor atau pelanggan) dan
merepotkan daripada sistem komunikasi IOS yang lebih baru, EDI tetap merupakan
metode yang terdepan.
b.
Ekstranet
Ekstranet (extranets) adalah
cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi
berbasis komputeryang sensitive dari perusahaan lain dengan mengunakan
teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet. Perusahaan
menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan
pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat
per hatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu
firewall. Firewall hanya.
c.
Sekutu – sekutu bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan
untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam dalam cara
proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif,
merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam jaringan. Para
partisipan pada umumnya merespon dengan cara yang reaktif. Menerima atau
menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Dalam table 3.1 anda telah mengetahui
bahwa setengah penjualan produksi peralatan transportasi dihasilkan melalui e-commerce. Hal ini mencerminkan
kenyataan bahwa produsen-produsen mobil besar besar telah menerapkan system EDI
untuk membeli persediaan dari para vendor. Produsen mengambil pendekatan
proakti, dan para pemasoknya dipaksa untuk bereaksi untuk menerapkan system EDI
atau kehilan pelanggan.
d.
Pengaruh penerapan
pada satu artikel decision sciences tahun 1995, dua
professor SIM G. premkumar dan K. ramamerthy mempelajari factor-faktor yang
dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan satu IOS. Mereka mengidentifikasi empat faktor
yang menetukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.
. Tekanan kompetitif. Ketika perusahaan berada dalam suatu
posisi yang buruk terhadap para pesaingnya atau ketika asosiasi industri atau
perdagangan memberikan tekanan yang kuat, perusahaan akan menerapkan IOS,
seperti EDI, dengan cara yang reaktif. Penelitian-penelitian baru-baru ini
telah mengusulkan bahwa tekanan kompetitif adalah alas an yang paling sering
melatarbelakangi penerapan EDI oleh perusahaan.
. Pengunaan kekuasaan. ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas
anggota yang lain. Ia akan proaktif dalam menerapkan IOS. Beberapa perusahaan
memiliki kekuasaan yang begitu besar sehingga perusahaan tersebut dapat meminta
para sekutu dagangannya mempergunakan IOS atau berbisnis ditempat lain.
. Kebutuhan internal. Ketika perusahan sadar bahwa
partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan oprasinya,
perusahaan tersebut akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara proaktif.
. Dukungan manajemen puncak. Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut
bertindak dengan cara yang proaktif ataupun reaktif, dukungan manajemen puncak
selalu akan mempengaruhi keputusan. Ketika manfaat-manfaat yang signifikan dari
IOS mengambil bentuk yang tidak berwujud, dukungan manajemen puncak menjadi
suatu hal yang sangat penting.
5.
STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B
membuat nilai uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya sekitar 6
persen dari nilaie-commercedihasilkan oleh B2B. Jadi,mengapa memahami strategi
bisnis untuk e-commerce B2B menjadi begituh penting.
Dua alasan
adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman
digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka
untuk melakukan pembelian menggunakan Web. Kecepatan komunikasi yang lebih
cepat bagi computer – computer rumahan juga telah membuat pengiriman produk –
produk digital menjadi lebih praktis. Kekhwatiran akan pencurian informasi,
seperti informasi kartu kredit, telah digantikan dengan penerimaan.
a.
Produk – produk digital
Beberapa produk dan jasa
tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet dunia hiburan telah
menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet. Lagu,
album,film dan produk-produk serupa dapat di beli dari situs-situs web seperti
sony(www.sony.com). Progrsm-program computer
dan peningkatannya, seperti peranti lunak antivirus, sering kali di jual
menggunakan web sehingga pelanggan akan mendapatkan versi yang paling terakhir.
Jasa-jasa juga dapat di kirimkan melalui internet. Lending tree(www.leandingtree.com) memungkinkan para
penggunanya mendapatkan hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka
melalui internet.
Satu perbedaan utama antara
pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui web adalah
bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di download. Perbedaan
lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke asset pembalinya
sebagai contoh, music yang anda download harus di tempatkan dalam satu file
atau pada satu compact disk (CD) atau media penyimpanan lainya. Pelanggan,
bukannya penjual, membayar media tersebut. Anda tidak akan mengira harus
membawa CD kosong kesebuah took music ketika anda membeli swebuah album, tetapi
anda akan membutuhkan sebuah CD kosong jika anda ingin memainkan music yang
anda beli melalui internet di audio mobil anda. Pembeli produk digital
menanggung biaya transaksi yang supstansial di lihat dari segi biaya computer,
biaya koneksi online, media penyimpanan, dan seterusnya.
b.
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak
dapat dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan.
Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan “katalog” telah mengahadapi
masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh
web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan. Kantor pos AS memberikan beberapa kelas pengiriman
tergantung pada ukuran dan berat barang yang dikirimkan. Pos paket seringkali
menjadi jasa paling murah yang diberikan, tetapi biasanya membutuhkan waktu
pengiriman yang paling lama.
Berkembangnya
perusahaan-perusahaan pengirim surat atau barang swasta seperti fedEx dan UPS
telah secara langsung membantu e-commerce eceran. Perusahaan ini, dan
perusahaan-perusahaan lainya, memberikan sejumlah pengiriman alternatife dengan
harga yang berbeda beda. Kiriman mendesak dapat dikirimkan kepada pelanggan
dalam waktu 24 jam dari hamper seluruh lokasi di dunia. Dapat pula diberikan
metode yang lebih lambat dari standar sehinmgga memungkinkan pelanggan
mengurangi biaya pengiriman yang harus dibayarkannya. Perudsahaan yang bergerak
di dalam e-commerce dapat ditinggal menggunakan jasa perusahaan pengiriman
barang\surat swasta dari pada memberikan jasa itu sendiri.
Sebagian besar perusahaan
jasa pengiriman populer menawarkan jasa yang melengkapi aktivitas B2C sebuah perusahaan.
Satu nomor pengiriman akan diberikan kepada setiap paket yang dihasilkan
penjualan. Pelanggan dapat menggunakan situs web pengirim untuk melacak status
kemajuan paket dari perusahaan sampai pengirimannya hingga ke depan pintu rumah
mereka.jika perusahaan mengunakan waktu pengiriman “3 hingg 10 hari kerja”
antar pembelian dan pengiriman yang tidak jelas, maka ia dapat menjadi satu
rintangan bagi penjuan B2C. Dengan akses
pengiriman web, pelanggan akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan kendali
atas pengiriman. Pelacakan secar online dapat membuat penjualan B2C menjadi
menarik.
c.
Penjualan Maya versus Campuran
Penjualan maya (virtual sales )adalah penjualan yang dilakukan oleh
sebuah perusahaan yang tidak mengoprasikan penjualan fisik. Dengan penjualan
maya tidak ada toko dimana pelanggan dapat masuk dan membeli produk. Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi
ketika perusahaan memiliki tempat penjualan secara fisik dan situs web dimana
pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran penjualan
eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan,
mengatur pembayaran pelanggan, dan menghasilkan pengiriman produk.
Satu kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan
yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan informasi produk yang
dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Kendala lainnya adalah bahwa gambar
merupakan file yang berukuran besar, dan mengomunikasikan dari situs web ke
computer pelanggan akan memakan waktu. Masalah ini dapat dikurangi dengan membatasi
jumlah gambar yang ditampilkan sampai pelanggan telah memusatkan perhatian
pencarian mereka pada pilihan yang relative sedikit. Situs Web Office Depot
(www.officedepot.com) adalah contoh yang baik dari strategi ini.
Halaman muka web office depot memiliki sedikit gambar tetapi
memberikan sejumlah link ke halaman-halaman yang mencari berbagai kelompok
produk. Jika pelanggan ingin membeli sebuah kertas untuk sebuah printer laser,
mungkin hanya dibutuhkan lima klik mause berurutan unuk melihat produk tersebut,
tetapi sangat-sangat ditampilkan dengan sangat cepat. Pelanggan dapat langsung
menuju ke produk dengan hanya mengetikan
permintaan ke dalam sebuah kotak pencari dan membiarkan situs mencari produk
tersebut. Semakin sedikit klik mause yang dibutuhkan ungtuk mendapatkan produk
semakin baik, tetapi kecepatan jauh lebih penting dari pada mengurangi jumlah
klik mause.
Perbandingan produk di
dalam sebuah toko fisik akan dibantu oleh seorang pelayan toko fisik. Suatu
situs web dapat memberikan informasi yang sama dan, jika di rancang dengan
baik, memberikan lebih banyak lagi. Setelah pelanggan menafigasi ke produk yang
di ingikan, memberikan lebih banyak lagi. Setelah pelanggan menafigasi ke
pelanggan yang di inginkan, situs web akan memberikan link ke produk-produk
lain yang serupa, tinjauan produk oleh para pakar dan pelanggan-pelanggan lain,
gambar dan uraian fisik produk, dan informasi lainnya. Beberapa pelanggan
menghargai “ santuhan manusia” dalam proses penjualan, manun situs web dapat
memberikan informasi yang jauh lebih banyak dari pada kebanyakan pelayan toko.
Pembayaran melalui
internet telah mendapatkan publikasi yang buruk. Meskipun informasi kartuu
kredit yang digunakan untuk melakukan pemayaran melalui internet dapat di curi,
resiko tersebut sangatlah kecil, jauh lebih kecil dibandingkan penggunaan kartu
kredit yang lain.ketika anda menggunakan kartu kredit anda untuk membayar
tagihan restoran anda, apakah pelayanan menyalin nomor kartu untuk digunakanya
nanti ? anda membuang kartu kredit lama anda dan salinannya ke tempat sampah:
apakah petugas bagiaan pembersian yang mengosongkan tempat sampah menyimpan
informasi kredit anda? Anda menelpon sebuah toko bunga untuk membeli bunga dan
memberikan nomer kartu kredit anda: bagaimana anda tau bahwa petugas tidak akan
membebankan jumlah bunga yang lebih banyak pada kartu tersebut?
Skenario-skenario di atas telah terbukti jauh lebih kondusif bagi penyelewengan kartu kredit dari pada
internet.
d.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil
manfaat darie-commerce.satu contoh adalah polk Country di Florida. Kantor Pajak
Polk County menggunakan layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan
bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak adalah cara bagi pemerintah daerah
untuk mengasih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar. Seorang individu
akan memberikan penawaran untuk properti yang memiliki pajak tertunggak,
membayar pajak tersebut, dan menagih pajak dai pemiliknya, plus sejumlah bunga
atas pajak yang terutang.
6. LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
bagi e-commerce lebih dari sekedar jenis
barang yang ditawarkan; ia adalah teknoligi dibalikperdagangan banyak pelangan
merasa lebih nyaman mengunakan telepon seluler dari pada mengunakan keyboard computer.
Kalngan pebisnis selalu mencari koneksi nirkabel dimanapun tersedia layanan
telepon seluler.
a.
Perdagangan bergerak
Perdagangan bergerak
(mobile commerce atau e-commerce) adalah penggunaan telepon selulerdan asisten
digital pribadi (personal digital assistant-PDA) untuk melakukan e-commerce nirkabel.
Diperkirakan pada tahun 2009 industri ini akan menjadi industry global bernilai
$40 miliar pertahun. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler
dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi
ketiga (thirdgeneration—3G)telah secara longgar dipergunakan untuk
teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.
b.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah
Tempat
Hot spot Internet
nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi,namun memeriksa
e-mail di sebuah kedai kopi Strabucks adalah suatu cara yang kurang memadai
bagi profesional bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu
koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian
dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang
lebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut.
7.
MENGGUNAKAN INTERNET
E-commerce tidak mungkin
terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi.
Awal mula intermet dapat di tarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS
membuat jaringan yang di sebut ARPANET. Usaha-usaha yang diawali di tahun 1989
mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai world wide web. APRANET
menunjukan bahwa permintaan dan penerimnaan data oleh seseorang melalui jaringa
yang kompleks yang melibatkan banyak computer dan koneksi jaringan adalah suatu
hal yang mungkin untuk dilakukan.
a.
World wide web
Pada tahun 1989, tim
Berners-Lee, seorang ilmuan komputer yang bekerja di CERM, Laboratorium Fisika
Partikel Eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi para fisikawan untuk saling
berkomunikasi. Ide ini adalah dengan menggunakan hypertext dokumen elektronik
yang saling terkait. Seperti yang usulkan oleh Berners-lee, para fisikawan akan
dapat mengklik pada kata-kata atau frase-frase yang ditampilkan di layar
computer mereka dan menerima hypertext. Ide ini menjadi kenyataan pada
pertengahan tahun 1992 dalan bentuk world wide web. Ia juga memungkinkan di
kirimkannya hypermedia –multimedia yang terdiri atas tekx, grafik, audio, dan
fidio melalui world wide web. World wide web, yang disebut juga web dan www,
adalah informasi yang dapat di akses melalui internet dimana dokumen-dokumen
hypermedia(file-file computer) di simpan dan kemudian di ambil dengan cara-cara
yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Berikut adalah daftar bebrapa istilah
umum dalam www. Figure 3,5 mengilustrasikan bagaimana protocol, nama domain dan
path yang digunakan.
·
Situs web: sekumpulan halaman web ( biasanya
terdapat pada satu computer) yang terhubung dengan internet dan menyimpan
file-file hypermedia yang dapat di akses dalam computer lain di dalam jaringan
melalui link hypertext.
·
Link
hypertext: suatu petunjuk yang terdiri atas text atau grafik yang digunakan
untuk mengakses hypertext yang di simpan di semua alamat situs web.
·
Halaman
web: suatu file hypermedia yang tersimpan pada satu alamat situs web yang unik.
·
Home page: halaman pertama suatu situs web.
Halaman-halaman situs yang lain akan di jangkau
oleh home page.
·
Browser : peranti lunak yang dirancang untuk
menemukan dan membaca file-file di internet yang ditulis dalam bahasa
hypertext(hypertext martup language-HTML).
·
Universal resource locator (URL): alamat unik
suatu situs web.
·
Protocol
: sekumpulan standar yang mengatur komunikasi data. HTTP (hypertext transport
protocol) adalah protocol untuk
hypertext. Protocol web umum lainya adalah FTP ( File Transfer Protokol). Di
dalam suatu URL, nama protocol akan di ikuti oleh tanda titik dua (:) dan dua
garis miring (//).
·
Nama
domain: alamat siteus web dimana sebuah halaman web disimpan.
·
Path:
suatu direktori/sub direktori dan file tertentu di situs web. HTML( atau HTM)
adalah akhiran untuk kode program yang mengacu pada file hypertext.
Netscape navigator adalah browser
awal yang di gunakan untuk melihat kandungan web yang masih dipergunakan hingga
saat ini. Browser internet yang paling popular saat ini adalah internet
explorer dari microsoft. Pada tahun 2005, sekitar 89% pengguna AS mengakses web
melalui internet explorer. Browser netscpe selama beberapa tahun ini sudah
tidak menjadi pesaing yang tidak serius lagi bagi internet explore, namun ia
masih tetap dipergunakan. Sebuah produk gratis dari Mozilla (www.mozilla.org) yang disebut firefox
memiliki pangsa pasar sebasar hamper 7% dan semakin berkembang popularitasnya. Firefokx
dinobatkan menjadi salah satu 100 produk terbaik oleh PC world magazine pada
edisi bulan juli 2005.
File transfer protocol dengan file transfer protocol(FTP) para pengguna dapat
mnenyalin file ke computer mereka dari semua situs web. Banyak situs FTP
menawarkan perpindahan data dalam satu direktori saja. Beberapa perusahaan
membuat situs FTP di luar permis utama mereka utuk memberikan file yang membuat
informasi produk, update peranti lunak, rilis berita, dan informasi lain. Data
yang sensitive tidak di simpan di situs di luar permis, dan lalu lintas
internet yang memiliki volume besar tidak akan mengganggu operasi perusahaan
karena sumber daya computer perusahaan secara fisik terpisah dari situs diluar
permis.
8.
CYBERSPACE DAN SUPER HINGHWAY INFORMASI
Dua istilah lain yang
juga dikaikan dengan Internet dan Web-cyberspace dan superbigbway (jalan bebas
hambatan super) informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan ketika penulisan
William Gibson menggunakan dalm bukunya Neuromancer menggambarkan suatu
masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini, cyberspace berarti dunia
Internet dan World Wide Web. Istilah superhinghway informasi digunakan dalam
konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penih mengenai dampak
akhirnya pada masyarakat.
a.
Standar internet
Salah satu alasan utama
mengapa internet dan web telah di terima dengan tangan terbuka oleh pengguna
computer di seluruh dunia adalah karna keduanya bekerja sama sebagaisatu system
tunggal yang dapat di gunakan dari platform computer apapun. Seseorang pengguna
dengan PC Dell atau workstation sun dapat mengambil halaman web yang sama
seperti sdeorang pengguna dengan PowerBook Apple agar hal inio dilakukan,
setiap orang yang memberikan kontribusi pada internet dan arsitektur web harus
mengikuti peraturan-peraturan yang sama.
Dua organisasi telah
mengambil peran kepemimpinan dalam menciptakan standar standar internet dan web
masyarakat internet di bentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan penggunaan
internet secara komersial dan telah mendegelagikan tanggung jawab mengenai
standar-standar internet kepada internet Engineering task forc-IETF. Sedangkan
standar web berasal dari world wide web consortium (w3c).
9.
APLIKASI BISNIS INTERNET
Secara sederhana,
internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan
komunikasi data, termasuk komunikasi dalam perusahaan maupun dengan lingkungan.
Berbeda dengan jaringan standar internet dapat digunakan oleh semua jenis
platform computer tanpa harus melakukan upaya kusus.
jumlah disitus internet yang fenomenal telah
menjadikan internet sebagai sumber informasi yang tidak dapat di abaikan.
Internet software consortium (www.ISC.ORG)
telah membuat grafik peningkatan nama-nama domain dari hanya beberapa di awal
tahun 1990an, menjadi 353 juta pada bulan juli 2005 domain-domain baru ini mencerminkan pelanggan-pelanggan, dan
pemasok, sekutu- sekutu bisnis baru.
a.
Aplikasi ritel
Aplikasi bisnis web yang
paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagaian besar telah hadir di
web. JCPenney membuka situs webnya pada tahun 1994 menawarkan lebih darei 350
jenis barang wal-mart membuka toko webnya pada pertengahan tahun 1996 dengan
harapan untuk menargetkan produk-produknya pada pelanggan dengan kelasd ysng
lebih tinggi dari pada yang biasanya belanja ditoko-toko.
Banyak partikel homepage
mereka yang dapat secara langsung melalui web di suatu situs gabungan yang di
sebut mall maya(virtual mall) dengan harapan bahwa satu nama mall akan lebih
mudah untuk dikenali dan di temukan daripada nama toko mereka masing-masing.
Satu mall maya dapat mengambil pemandangan mall tradisional (yaitu kumpulan
dari berbagai jenis toko). CyberTown (www.cybertown.com/malldir.html)
dan 24 hour-mall(www24hourmall.com) adalah kumpulan 2 toko seperti itu.
10.
SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNA
INTERNET
Meskipun web masih
berusia relative muda perusahaan-perusahaan telah mengidentifikasikan beberapa
kunci untuk keberhasilan penggunanya. Para exekutif yang membuat keputusan
strategi bagi perusahaan hendaknya mempertimbangkan tips-tips berikut ini dan
memberikan tanggung jawab untuk mencapai tujuan-tujuan ini kepada CIO dan
bidang IS:
a.
Pastikan situs web anda kuat: ketika anda membuat komitmen kepada
suatu poyek web, bersiaplah untuk pergi keluar halaman web, dan mengaitkan
basis data anda dengan web melalui aplikasi-aplikas anda. Hal ini akan
memungkinkan anda mengitergrasikan web kedalam system informasi berbasis
computer yang anda miliki. Daripada hanya menggunakannya sebagai satu cara
untuk menyediakan dan mendapatkan informasi. Intergrasi dengan basis data
perusahaan adalah satua hal yang penting.
b.
Pastikan browser dan struktur basis
data anda fleksibel maupun intuitif: hal ini akan memungkinkan anda menangani perkembangan dimasa
mendatang dan memberikan akses cepat bagi para pengguna.
c.
Menekan isi: jangan terjebak pada gambar, audio,
dan video sehingga anda melupakan sasaran utama dadlam menyediakan insormasi
untuk isi yang kuat, tidakl ada yang dapat mengalahkan naratif dan tampilan
berbentuk table.
d.
Sering diperbaharui: mengundang para sekutu bisnis dan
pelanggan yang melihat-lihat untuk selalu dating kembali. Pembaharuan setiap
hari bukanlah hal yang terlalu sering bagi para banyak perusahaan.
e.
Melihat diluar pelanggan: gunakan internet untuk memperbaiki
komunikasi dengan seleruh unsur lingkungan perusahaan kecuali pesaing tentunya.
f.
Tunjukan isi pada kebutuhan spesifik
pengguna: pengguna
mendorong untuk mendaftarkan nama, alamat, dan minat mereka pada situs anda. anda dapat menggunakan informasiini
untuk menyesuaikan halaman situs anda sesuai dengan kebutuhan pengguna anda.
g.
Menjadikan internet intuitif: lakukan segala hal yang bias anda
lakukan untuk membuat situs anda secepat dan sefisien mungkin jangan terlalu
banyak mengunakan grafik, karna akan memperlamab tampilan. Ingat, rancang antar
muka dari sudut pandang pengguna bukan perusahaan.
h.
Berada dilokasi web yang tepat: jika situs web anda tidak
menghasilkan lalu lintas yang sebanyak anda harapkan, pertimbangan untuk
mengaitkannya dengan situs situs lain, seperti situs asosiasi perdagangan dan
industri dan organisasi-organisasi professional.
i.
Ciptakan rasa kebersamaan: libatkan pengguna dalam situs anda
dengan memberikan bagi mereka untuk memberikan saran, keluhan, dan seterusnya.
j.
Carilah bantuan jika anda
membutuhkannya: pekerjaan
web adalah pekerjaan yang sangat terspesialisasi. Dari pada mengembangkan
keahliah internal sendiri mungkin jika masuk akal jika mengontrakkan pembuatan
dan pemeliharaan situs web anda kepada para professional.
Saran-saran diatas menujukan bahwa
memenfaatkan web secara sepenuhnya tidak hanya sekedar membuat halaman web
saja. Keberadaan web yang baik membutuhkan lebih banyak usaha dari pada
kebanyakan proyek-proyek lain yang tidak berhubungan dengan web.
11.
DAMPAK INTERNET DIMASA MENDATANG
Para pengguna internet
adalah satu kelompok yang beragam. Masih banyak usia muda, namun yang berusia
lebih tua(dengan lebih banyak penghasilan untuk dibelanjakan) memeliki dampak
yang substansialpada ramalan ekonomi e-commerce. Bahkan ketika uang tidak
dibelanjakan secara online, konsumen sering kali menggunakan web untuk
menggunakan penelitian atas pembelian mereka sebelum pergi ke toko. Sekitar 1
dari 5 orang yang meneliti suatu produk di web pembelian online, sedangkan 4
yang lain perlu ketoko untuk melakukan pembelian.
E-commerce sedang
mengalami perkembangan baik itub di amerika serikat maupun diseluruh dunia
amerika serikat telah m,elihat tingkat pertumbuhan tahunan e-commerce yang
substansial sebesar hamper 15% dalam 5 tahun terakhir. E-commerce yang biasa
terjadi antar bisnis. E-commerce B2B
nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan
pelayanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan oleh B2B adalah yang
membuat organisasi bisnis competitive.
Pertanyaan yang mesti
harus dijawab adalah dampak yang akan diberikan oleh jasa telepon 3G pada
e-commerce B2C. amerika serikat telah lambat dalam mengambil keuntungan Dari
jasa ini, dan eropa khususnya jepang terus maju dengan aplikasi-aplikasi bisnis
yang inovatif. Jasa seluler 3G memungkinkan komputasi berkelas bisnis
dilaksanakan dimanapun dikebanyakan wilayah metropolitan. Ia juga akan
memikirkan pelanggan dengan telepon 3G melakukan pembelian dengan menggunakan
mereka sebagai kartu debit atau kartu kredit. Bahkan telepon 4G yang lebih
cepat diuji di china dan jepang dan seharusnya akan lama tersedia tidak berapa
lama lagi.
Pada tahun 2008 telepon
seluler harusnya ada digunakan secara rutin untuk pembelian-pembelian kecil:
mereka bahkan dapat menandingi pengguna kartu debit saat ini. Tantangan yang
lebih besar adalah poenggunaan mereka untuk pembelian barang-barang mahal.
Jepang mengambil posisi pimpinan dalam menggunakan telepon seluler untuk
transaksi-transaksi keuangan. Seiring dengan amerika serikat yang mulai
mengejar ketinggalannya dalam menggunakan jasa seluler 3G yang lebih luas,
seperti jasa seluler: broadband: varizone, amerika serikat dapat menjadi suatu
pimpinan dunia dalam bidang e-commerce melalui peralatan seluler.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A.
Kritik
dan Saran
Dalam
menjalankan kegiatan perdagangan elektronik atau E-Commerce kita harus menjamin
keselamatan, kenyamanan dan keamanannya dalam bertransaksi kepada pelanggan
agar kepercyaan pelanggan terpupuk sehingga tidak ragu dalam membeli produk
kita baik secara fisik maupun maya.
B.
Kesimpulan
Beberapa orang
mendefinisikan perdagangan elektronik (yang disebut jugae-commerce) dengan
sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikanhanya meliputi transaksi bsnis yang berhubungan dengan
pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan computer mereka masing – masing
melalui internet. Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya
transaksi – transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat
diklarifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada didalam
batas perusahaan, Orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis
elektronik. Membatasi transaksi internal versus eksternal sebagai bisnis
elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan menawarkan banyak bantuan,
karena kebanyakan orang menganggap bisnis elektronik sebagai suatu hal yang
sama.
Perusahaan melaksanakan e-commerce
untuk mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan –perbaikan
ini diharapkhan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
1.
Pebaikan
layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualan
2.
Perbaikan
hubungan dengan pemasok dan komunikasi keuangan
3.
Peningkatan
imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Manfaat di atas akan
memberikan kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya
bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan
teknologi komputer. Ingat bahwa peningkatan laba tidak termasuk kedalam manfaat
yang diharapkan e-commerce. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi yang
mencapai tujuane-commerceadalah sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu
organisasi mencapai tujuannya.
C. Daftar
Pustaka
G. Premkumar, K.
Ramamurthy, dan Sree Nilakanta, “Implementation of electronic Data Interchange:
At Innovation Diffsuion Perspektive,” Journal
of Management Information System 11 (Musim Gugur 1994),158.
E-Stats United Department of
Commerce, 11 mey 2005, terdapat di www.cencus.gov,
link ke “E-Stats.”
Doung Young, “eBay Plants PayPal
Launch in China,”Reuters(Shanghai), 7
juli 2005 (wire feed).
David Pogue, “Beyond wi-fi: Laptop
Heaven But At a Price, “NYTimes.com
23 juni 2005, C-1.
Shop.org, tersedia di www.shop.org /stats_usshop_general.asp.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar