Blogger Widgets

Minggu, 11 Oktober 2015

Menggunakan E-Commerce dalam kegiatan bisnis

Kata Pengantar

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seluruh alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah materi dengan judul ”Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commers)”.
Dalam penyusunannya, penulis bekerjasama secara adil dan baik sehingga tugas ini bisa terselesaikan tepat waktu. Dengan keseriusan penulis dalam mengerjakan tugas  ini, serta sumber referensi yang jelas dan teruji, yaitu buku Sistem Infomasi Manajemen yang Meskipun penulis berharap isi dari tugas ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun.
Akhir kata penulis berharap agar materi yang ada dalam tugas ini bermanfaat bagi semua pembaca.





Daftar Isi
Kata Pengantar
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
BAB II PEMBAHASAN
  1. Perdagangan Elektronik
a.       E-Commerce Di luar Batas Perusahaan
b.      Manfaat-Manfaat Yang Diharapkan Dari E-Commerce
c.       Kendala-kendala E-Commerce
d.      Ruang Lingkup E-Commerce
e.       Jalan Menuju E-Commerce
  1. Inteligensi Bisnis (Business Inteligence)
a.       Basis Data External
b.      Mesin Pencari
  1. Strategi E-Commerce Dan Sistem Interorganisasional
  2. System Interorganisasional
a.       Manfaat IOS
b.      EDI
c.       Ekstranet
d.      Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif Dan Reaktif
e.       Pengaruh Penerapan
f.       Manfaat-Manfaat tidak Langsung IOS
  1. Strategi B2C Untuk E-Commerce
a.       Produk-produk Digital
b.      Produk-produk Fisik
c.       Penjualan Maya Versus Campuran
d.      Pemerintahan Elektronik
  1. Langkah E-Commerce Berikutnya
a.       Perdagangan Bergerak
b.      Nirkabel Berkelas Bisnis Di Semua Tempat
  1. Menggunakan Internet
a.       World Wide Web
  1. Cyberspace Dan SuperHighWay informasi
a.       Standar Internet
  1. Aplikasi Bisnis Internet
a.       Aplikasi Ritel
  1. Saran-Saran Keberhasilan Penggunaan Internet
  2. Dampak Internet Pada Bisnis DiMasa Mendatang

BAB III PENUTUP
  1. Kritik dan Saran
  2. Kesimpulan
  3. Daftar Pustaka




BAB I
PENDAHULUAN
A.                         Latar Belakang                                                                                                                                                                                                                                                                                   
Perdagangan elektronik yang biasa disebute-commerce, adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis.
            (E-Commerce), adalah penggunaan jaringan komunikasi dan computer untuk melakukan kegiatan bisnis. Perdagangan popular dari E-Commerce adalah penggunaan jaringan computer dengan menggunakan browser web untuk menjual dan membeli produk. Meskipun pedagangan ini tidak salah, ini adalah merupakan bagian kecil dari E-Commerce. Sebagian besar E-Commerce terjadi antar bisnis dengan konsumen.
            Kalangan bisnis telah mempetukarkan data telah mempertukarkan data secara elektronik selama brtahun-tahun sebagai upaya untuk membuat operasi sebagian dengan lebih efisien. Jalur komunikasi yang dipergunakan sering kali disewa dari perusahaan telepon (AT&T, MCI, dan lain-lain). Dan peranti keras komunikasi khusus dipergunakan disetiap ujung jalur untuk memfasilitasi perpindahan data antar computer-komputer bisnis. Dibuat pula standar format petukaran data secara elektronik dapat melakukannya. Pertukaran data bisnis-ke-bisnis (business-to-business) akan mendukung E-Commerce.
            E-Commerce bisnis ke konsumen(business to consumen) adalah perkembangan yang terakhir, dan tampaknya semua orang kini berselancar di internet untuk membeli buku-buku dan musik. Penjualan bisnis ke konsumen sangat kecil jumlahnya jika dibandingkan dengan penjualan bisnis ke bisnis, namun hal itu masih mencerminkan satu peluang bagi pertumbuhan bagi laba yang besar. Perusahaan harus mmemahami peranan yang dimainkan oleh inrternet dan world wide web dalam memberikan instruktur yang dibutuhkan bagi keberadaan E-Conmerce.
             Meskipun E-Commerce saat ini dianggap sebagai satu jenis perdagangan yang berbeda, tak berapa lama lagi ia hanya akan mejadi sisi lain dari transaksi bisnis sehari-hari, telepon, yang ditemukan pada tahun 1876 dapat memberi kita satu perspektif. Seperti internet dan web, aplikasi praktis bagi telepon hnya muncul setelah banyak digunakan. saksi penjualan dan jasa. Bisnis tumbuh dan berubah agar dapat menganbil keuntungan dari teknologi baik teknologi itu berupa telepon atau world wide web. 

  1. Rumusan Masalah
1.      Apa yang maksud dengan E-Commerce?
2.      Bagaimana perkembangan E-Commerce Di Indonesia?
3.      Apa saja manfaat E-Commerce?
4.      Apasaja kendala-kendala E-Commerce?
5.      Bagaimana ruang lingkup E-Commerce?
6.      Bagaimana strategi dalam menggunakan E-Commerce?
7.      Apa yang dikamsud dengan system interorganisasional?
8.      Apa itu pertukaran data elektronik?
9.      Mengapa perusahaan menjual produk-produknya dari tempat berjualan fisik dan maya?
10.  Apa keuntungan dan kerugian menggunakan perdagangan elektronik?




BAB II
PEMBAHASAN

1.                  PERDAGANGAN ELEKTRONIK

Beberapa orang mendefinisikan perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikanhanya meliputi  transaksi bsnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan computer mereka masing – masing melalui internet. Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi – transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat diklarifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada didalam batas perusahaan, Orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik. Membatasi transaksi internal versus eksternal sebagai bisnis elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan menawarkan banyak bantuan, karena kebanyakan orang menganggap bisnis elektronik sebagai suatu hal yang sama.
Kita akan melihat pandangan luas e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun internal perusahaan. Dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronikakan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran, dan lain-lain. Bisnis telah mengalami penyebaran secara fisik, dengan pabrikn yang berlokasi diberbagai daerah, atau bahkan diberbagai Negara. Bidang bisnis itu sendiri juga bertindak sebagai pemasok atau pelanggan kebidang organisasi yang lain. Dalam definisi luas kita ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer,dan antarmuka (interface) sebuah browser Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik(e-commerce).

a.                    E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan 2 jenis e-commerce yang terjadi dengan identitas di luar batas perusahaan. E-Commercebisnis-ke-konsumen (busibess-to-consumer—B2C) mengacu pada transaksi - transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk;e-commercebisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir. Sebagai contoh, dalam rantai distribusi dari produsen ke distributor ke toko eceran kekonsumen seluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang lain adalah B2B sampai transaksi terjadi antara toko eceran dengan konsumen,yaitu merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka berada di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut. Karena terjadi antar bisnis, jumlah transaksi B2B dapat relatif kecil tetapi dengan nilai yang cukup tinggi. Satu transaksi antara sebuah produsen dan distributor dapat menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan dolar.

b.         Manfaat - manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan –perbaikan ini diharapkhan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
1.      Pebaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualan
2.      Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunikasi keuangan
3.      Peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Manfaat di atas akan memberikan kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi komputer. Ingat bahwa peningkatan laba tidak termasuk kedalam manfaat yang diharapkan e-commerce. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi yang mencapai tujuane-commerceadalah sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.

c.            Kendala-kendala E-Commerce
Pada survei tahun 1960, 60 % perusahaan yang memberikan respons menunjukkan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun kedepan. Bahkan pada tahun 2004, Departemen perdagangan AS melaporkan bahwa hanya 2,3 % dari seluruh penjualan ritel kuatral keempat dilakukan dalam bentuk e-commerce. Perusahaan yang telah menginplementasikan sistem mengunakanya terutama untuk melakukan transaksi dengan pemasok dan pelanggan (pada tingkat sekitar 90%), dan proses – proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer pembayaran, dan faktur.
Ketika ditanyakan mengenai alasan dari kehati-hatiannya,perusahaan menyebutkan 3 kendala dengan urutan sebagai berikut :
1.      Biaya yang tinggi
2.      Kekhawatiran akan masalah keamanan
3.      Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Masing-masing kendala di atas akan semakin tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan sistem informasi. Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya menurun. Seperti yang diuraikan bab 1, hukum moore meramalkan penggandaan kekuatan komputer setiap 18 bulan. Dengan berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan, biayae-commerce juga akan turun.

d.                        Ruang Lingkup E-Commerce
Ketika anda membaca bagian ini, pahamilah bahwae-commercebersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan. Anda hendaknya mengunjungi WWWCENSUS.GOV dan hubungkan ke halaman web e-stats untuk mengetahui angka-angka e-commerceyang terakhir.
E-commerce menyumbang hampir $1,7 triliun untuk aktivitas perekonomian di amerika serikat selama tahun 2003. E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 15% setiap tahunnya selama 5 tahun terakhir. Tingkat pertumbuhan ini dapat mengalami perlambatan pada waktu tertentu, tetapi kemungkinan akan terus berlanjut selama beberapa tahun mendatang. Jumlah dampak perekonomian akan bervariasi dari satu industry keindustri lain, tetapi kurang dari 94 % e-commerce adalah B2B, menyisakan 6% untuk B2C.
Lebih dari 21 % penjualan pabrik produksi AS ($843 miliar) pada tahun 2003 merupakan hasil dari e-commerce. Hampir 17% penjualan dari distributor($730 miliar) adalah e-commerce.presentase e-commerce yang dilakukan disektor perdaganggan eceran yang berada dikisaran 2%. Ini hanya karena jumlah dolar penjual eceran yang tinggi, jika dibandingkan dengan segmen-segmen industry yang lain, dengan B2C menyumbang lebih dari $69 miliar untuk aktivitas perdagangan elektronik AS pada tahun 2004.
E-commerce memiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyubangkan persentase dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segemen-segmen tersebut. table 3.1 menunjukkan beberapa contoh yang menyoroti dampak e-commerce dalam bidang-bidang tertentu. Perhatikan kenaikan presentase penjualan e-commerce sebagai bagian dari total penjualan AS sejak tahun 2000 hingga tahun 2003. Perdaganggan elektronik telah mencapai kematengan hingga ketitik dimana ia menjadi sesuatu yang vital bagi perekonomian, dan arti pentingnya juga akan terus berkembang.



SEGMEN INDUSTRI

%E-COMMERCE DARI TOTAL PENJUALAN
2000
2003
Produksi pakaian
Produksi peralatan dan transportasi
Distributor kendaraan motor
Distributor obat – obatan
Ritel perjalanan dan reservasi
20%
46%
20%
40%
24%

24%
50%
25%
49%
25%
Table 3.1 presentase penjualan E-commerce versus total penjualan diberberapa segmen industry tertentu.
e.                          Jalan Menuju E-Commerce
Ketika sebuah perusahaan merasa bahwa manfaat yang diharapkan lebih besar daripada biaya dan memutuskan untuk mengimplementasikan e-commerce, perushaan tersebut menyadari bahwa implementasi yang akan dilakukan bias jadi merupakan suatu pekerjaan yang besar. Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.

2.                INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)

Melaksanakan e-ecommerce bukanlah suatu keputusan yang diambil tanpa pertama – tama meraih pengetahuan terlebih dahulu tentang perusahaan dan hubungannya dengan para pelanggan, pesaing, pemasok, dan pihak – pihak eksternal lainya. Intelgensi bisnis (business intelligence-BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur – unsur didalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.

a.      Basis Data Eksternal
Perusahaan tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek. Perusahaan menggunakan berbagai basis data ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber informasi.
Basis data pemerintah juga merupakan sumber informasi penting lainnya. Informasi diberikan dalam sejumlah format dan dapat bisa bersifat umum seperti suatu industri atau bersifat spesifikasi seperti suatu Wilayah. Pemerintah pusat dan banyak pemerintah daerah mendapat mandat untuk menyediakan informasi publik melalui internet.
Perusahaan menjadi semakin condong untuk melakukan pencarian eksternal sendiri untuk kecerdasan pasar. Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya fakta bahwa semakin banyak perusahaan memberikan informasinya sendiri di web.

b.      Mesin pencari
Mesin pencari adalah cara yang paling populer bagi nseseorang untuk mendapatkan informasi yang tersedia di web.

3.      STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Masalah dalam menentukan strategie-commerceyang terbaik memiliki beberapa kemungkinan solusi. Namun, strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi di mana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan trabsmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem interorganisasional, Istilah yang seringkali dipergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan darielectronic data interchange (pertukaran data elektronik).

4.      SISTEM INTERORGANISASIONAL
Kita telah mengetahui bagaiman perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem interorganisasional (interorganizational sistem—IOS) sehingga semua perusahaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang terkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Perusahaan – perusahaaan Yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau alianis bisnis.

a.           Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan 2 manfaat penting: efesiensi komporatif dan kekuatan penawaran.

Efesiensi komparatif Dengan bergabung dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan selanjutnya memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. Hal ini memberikan para sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas para pesaingnya.
* Efisiensi internal terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.
*Efisiensi interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain, ini memungkinkan perusahaan menawarkan lebih banyak produk dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan pelangganm dan mengumpulkan data lingkungan dengan lebih mudah.
Kekuatan penawaran Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan denganpara pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran (bargaining power). Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar dengan fitur-fitur produk yang unik, dengan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan meningkatnya biaya perpindahan.
*Fitur-fitur hubungan yang unik. Hubungan-hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggannya dalam bentuk penempatan pesanan yang lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, dan waktu respons yang lebih cepat dalam permintaan informasi.
*.Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian. Dengan tergabung dalam suatu IOS, perusahaan dapat menurunkan biaya “belanja” yang ditanggung oleh para pelanggannya dalam mencari pemasok, mengidentifikasikan produk-produk alternatif, dan mendapatkan harga yang lebih murah.
*Meningkatkan biaya perpindahan. Sebuah perusahaan ingin membuat mahal, baik itu biaya dan/atau kemudahan bagi para pelanggannya untuk berpindah ke perusahaan pesaingnya. IOS mencapai manfaat ini dengan memberikan para pelanggannya sumber daya informasi seperti peranti keras, peranti lunak, dan saluran komunikasi data yang akan harus diganti jika pelanggan membeli produk dari perusahaan lain.

b. EDI
EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Meskipun EDI merupakan teknologi yang lebih lama, ia tetap penting karena memfasilitasi sebagian besar mayoritas perdagangan B2B. transmisi memungkinkan data dipindahkan dan diterima tanpa harus mengetik ulang. Jalur komunikasi, peranti keras komunikasi, dan jasa-jasa pendukung untuk EDI pada umumnya diberikan oleh perusahaan telepon (AT&T, MCI, dan lain-lain).
Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi diberikan selain jalur itu sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambaJ(value added network-VAN). Beberapa orang berpendapat bahwa VAN sebenarnya adalah EDI yang telah dikontakkan kepada suatu vendor. Pandangan ini terlalu disederhanakan. Vendor yang memberikan VAN juga memberikan keahlian yang berhubungan dengan jalur. Komunikasi yang diminta , bagaimana ia seharusnya didukung, peluangdan ancaman yang ditimbulkan dari jalur, dan berbagai pandangan pandangan berharga lainya.
EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS, lebih dari dua pertiga e-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI, jika dibandingkan dengan alternatif-alternatif IOS lainnya. Meskipun EDI lebih mahal (membutuhkan biaya mulai dari $5.000 hingga $30.000 untuk sambungan selama setahun dengan satu vendor atau pelanggan) dan merepotkan daripada sistem komunikasi IOS yang lebih baru, EDI tetap merupakan metode yang terdepan.

b.         Ekstranet
Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputeryang sensitive dari perusahaan lain dengan mengunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu firewall. Firewall hanya.

c.            Sekutu – sekutu bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespon dengan cara yang reaktif. Menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Dalam table 3.1 anda telah mengetahui bahwa setengah penjualan produksi peralatan transportasi dihasilkan melalui e-commerce. Hal ini mencerminkan kenyataan bahwa produsen-produsen mobil besar besar telah menerapkan system EDI untuk membeli persediaan dari para vendor. Produsen mengambil pendekatan proakti, dan para pemasoknya dipaksa untuk bereaksi untuk menerapkan system EDI atau kehilan pelanggan.

d.         Pengaruh penerapan
pada satu artikel decision sciences tahun 1995, dua professor SIM G. premkumar dan K. ramamerthy mempelajari factor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan satu  IOS. Mereka mengidentifikasi empat faktor yang menetukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.


. Tekanan kompetitif. Ketika perusahaan berada dalam suatu posisi yang buruk terhadap para pesaingnya atau ketika asosiasi industri atau perdagangan memberikan tekanan yang kuat, perusahaan akan menerapkan IOS, seperti EDI, dengan cara yang reaktif. Penelitian-penelitian baru-baru ini telah mengusulkan bahwa tekanan kompetitif adalah alas an yang paling sering melatarbelakangi penerapan EDI oleh perusahaan.
. Pengunaan kekuasaan. ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas anggota yang lain. Ia akan proaktif dalam menerapkan IOS. Beberapa perusahaan memiliki kekuasaan yang begitu besar sehingga perusahaan tersebut dapat meminta para sekutu dagangannya mempergunakan IOS atau berbisnis ditempat lain.
. Kebutuhan internal. Ketika perusahan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan oprasinya, perusahaan tersebut akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara proaktif.
. Dukungan manajemen puncak.  Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindak dengan cara yang proaktif ataupun reaktif, dukungan manajemen puncak selalu akan mempengaruhi keputusan. Ketika manfaat-manfaat yang signifikan dari IOS mengambil bentuk yang tidak berwujud, dukungan manajemen puncak menjadi suatu hal yang sangat penting.
  
5.                  STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilaie-commercedihasilkan oleh B2B. Jadi,mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2B menjadi begituh penting.
  Dua alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web. Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi computer – computer rumahan juga telah membuat pengiriman produk – produk digital menjadi lebih praktis. Kekhwatiran akan pencurian informasi, seperti informasi kartu kredit, telah digantikan dengan penerimaan.


a.      Produk – produk digital
Beberapa produk dan jasa tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet dunia hiburan telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet. Lagu, album,film dan produk-produk serupa dapat di beli dari situs-situs web seperti sony(www.sony.com). Progrsm-program computer dan peningkatannya, seperti peranti lunak antivirus, sering kali di jual menggunakan web sehingga pelanggan akan mendapatkan versi yang paling terakhir. Jasa-jasa juga dapat di kirimkan melalui internet. Lending tree(www.leandingtree.com) memungkinkan para penggunanya mendapatkan hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka melalui internet.
              Satu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di download. Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke asset pembalinya sebagai contoh, music yang anda download harus di tempatkan dalam satu file atau pada satu compact disk (CD) atau media penyimpanan lainya. Pelanggan, bukannya penjual, membayar media tersebut. Anda tidak akan mengira harus membawa CD kosong kesebuah took music ketika anda membeli swebuah album, tetapi anda akan membutuhkan sebuah CD kosong jika anda ingin memainkan music yang anda beli melalui internet di audio mobil anda. Pembeli produk digital menanggung biaya transaksi yang supstansial di lihat dari segi biaya computer, biaya koneksi online, media penyimpanan, dan seterusnya. 

b.      Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan. Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan “katalog” telah mengahadapi masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan. Kantor pos AS  memberikan beberapa kelas pengiriman tergantung pada ukuran dan berat barang yang dikirimkan. Pos paket seringkali menjadi jasa paling murah yang diberikan, tetapi biasanya membutuhkan waktu pengiriman yang paling lama.
  Berkembangnya perusahaan-perusahaan pengirim surat atau barang swasta seperti fedEx dan UPS telah secara langsung membantu e-commerce eceran. Perusahaan ini, dan perusahaan-perusahaan lainya, memberikan sejumlah pengiriman alternatife dengan harga yang berbeda beda. Kiriman mendesak dapat dikirimkan kepada pelanggan dalam waktu 24 jam dari hamper seluruh lokasi di dunia. Dapat pula diberikan metode yang lebih lambat dari standar sehinmgga memungkinkan pelanggan mengurangi biaya pengiriman yang harus dibayarkannya. Perudsahaan yang bergerak di dalam e-commerce dapat ditinggal menggunakan jasa perusahaan pengiriman barang\surat swasta dari pada memberikan jasa itu sendiri. 
Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman populer menawarkan jasa yang melengkapi aktivitas B2C sebuah perusahaan. Satu nomor pengiriman akan diberikan kepada setiap paket yang dihasilkan penjualan. Pelanggan dapat menggunakan situs web pengirim untuk melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai pengirimannya hingga ke depan pintu rumah mereka.jika perusahaan mengunakan waktu pengiriman “3 hingg 10 hari kerja” antar pembelian dan pengiriman yang tidak jelas, maka ia dapat menjadi satu rintangan bagi penjuan B2C.  Dengan akses pengiriman web, pelanggan akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan kendali atas pengiriman. Pelacakan secar online dapat membuat penjualan B2C menjadi menarik.

c.       Penjualan Maya versus Campuran
Penjualan maya (virtual sales )adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoprasikan penjualan fisik. Dengan penjualan maya tidak ada toko dimana pelanggan dapat masuk dan membeli produk.  Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan memiliki tempat penjualan secara fisik dan situs web dimana pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan, dan menghasilkan pengiriman produk.
 Satu kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan informasi produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Kendala lainnya adalah bahwa gambar merupakan file yang berukuran besar, dan mengomunikasikan dari situs web ke computer pelanggan akan memakan waktu. Masalah ini dapat dikurangi dengan membatasi jumlah gambar yang ditampilkan sampai pelanggan telah memusatkan perhatian pencarian mereka pada pilihan yang relative sedikit. Situs Web Office Depot (www.officedepot.com) adalah contoh yang baik dari strategi ini.
       Halaman muka web office depot memiliki sedikit gambar tetapi memberikan sejumlah link ke halaman-halaman yang mencari berbagai kelompok produk. Jika pelanggan ingin membeli sebuah kertas untuk sebuah printer laser, mungkin hanya dibutuhkan lima klik mause berurutan unuk melihat produk tersebut, tetapi sangat-sangat ditampilkan dengan sangat cepat. Pelanggan dapat langsung menuju  ke produk dengan hanya mengetikan permintaan ke dalam sebuah kotak pencari dan membiarkan situs mencari produk tersebut. Semakin sedikit klik mause yang dibutuhkan ungtuk mendapatkan produk semakin baik, tetapi kecepatan jauh lebih penting dari pada mengurangi jumlah klik mause.
Perbandingan produk di dalam sebuah toko fisik akan dibantu oleh seorang pelayan toko fisik. Suatu situs web dapat memberikan informasi yang sama dan, jika di rancang dengan baik, memberikan lebih banyak lagi. Setelah pelanggan menafigasi ke produk yang di ingikan, memberikan lebih banyak lagi. Setelah pelanggan menafigasi ke pelanggan yang di inginkan, situs web akan memberikan link ke produk-produk lain yang serupa, tinjauan produk oleh para pakar dan pelanggan-pelanggan lain, gambar dan uraian fisik produk, dan informasi lainnya. Beberapa pelanggan menghargai “ santuhan manusia” dalam proses penjualan, manun situs web dapat memberikan informasi yang jauh lebih banyak dari pada kebanyakan pelayan toko.
Pembayaran melalui internet telah mendapatkan publikasi yang buruk. Meskipun informasi kartuu kredit yang digunakan untuk melakukan pemayaran melalui internet dapat di curi, resiko tersebut sangatlah kecil, jauh lebih kecil dibandingkan penggunaan kartu kredit yang lain.ketika anda menggunakan kartu kredit anda untuk membayar tagihan restoran anda, apakah pelayanan menyalin nomor kartu untuk digunakanya nanti ? anda membuang kartu kredit lama anda dan salinannya ke tempat sampah: apakah petugas bagiaan pembersian yang mengosongkan tempat sampah menyimpan informasi kredit anda? Anda menelpon sebuah toko bunga untuk membeli bunga dan memberikan nomer kartu kredit anda: bagaimana anda tau bahwa petugas tidak akan membebankan jumlah bunga yang lebih banyak pada kartu tersebut? Skenario-skenario di atas telah terbukti jauh lebih kondusif  bagi penyelewengan kartu kredit dari pada internet.          



d.      Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil manfaat darie-commerce.satu contoh adalah polk Country di Florida. Kantor Pajak Polk County menggunakan layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak adalah cara bagi pemerintah daerah untuk mengasih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar. Seorang individu akan memberikan penawaran untuk properti yang memiliki pajak tertunggak, membayar pajak tersebut, dan menagih pajak dai pemiliknya, plus sejumlah bunga atas pajak yang terutang.

6.      LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
 bagi e-commerce lebih dari sekedar jenis barang yang ditawarkan; ia adalah teknoligi dibalikperdagangan banyak pelangan merasa lebih nyaman mengunakan telepon seluler dari pada mengunakan keyboard computer. Kalngan pebisnis selalu mencari koneksi nirkabel dimanapun tersedia layanan telepon seluler.

a.      Perdagangan bergerak
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau e-commerce) adalah penggunaan telepon selulerdan asisten digital pribadi (personal digital assistant-PDA) untuk melakukan e-commerce nirkabel. Diperkirakan pada tahun 2009 industri ini akan menjadi industry global bernilai $40 miliar pertahun. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga (thirdgeneration—3G)telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.

b.      Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah Tempat
Hot spot Internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi,namun memeriksa e-mail di sebuah kedai kopi Strabucks adalah suatu cara yang kurang memadai bagi profesional bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut.
7.      MENGGUNAKAN INTERNET
E-commerce tidak mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi. Awal mula intermet dapat di tarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat jaringan yang di sebut ARPANET. Usaha-usaha yang diawali di tahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai world wide web. APRANET menunjukan bahwa permintaan dan penerimnaan data oleh seseorang melalui jaringa yang kompleks yang melibatkan banyak computer dan koneksi jaringan adalah suatu hal yang mungkin untuk dilakukan.

a.      World wide web
Pada tahun 1989, tim Berners-Lee, seorang ilmuan komputer yang bekerja di CERM, Laboratorium Fisika Partikel Eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi para fisikawan untuk saling berkomunikasi. Ide ini adalah dengan menggunakan hypertext dokumen elektronik yang saling terkait. Seperti yang usulkan oleh Berners-lee, para fisikawan akan dapat mengklik pada kata-kata atau frase-frase yang ditampilkan di layar computer mereka dan menerima hypertext. Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan tahun 1992 dalan bentuk world wide web. Ia juga memungkinkan di kirimkannya hypermedia –multimedia yang terdiri atas tekx, grafik, audio, dan fidio melalui world wide web. World wide web, yang disebut juga web dan www, adalah informasi yang dapat di akses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia(file-file computer) di simpan dan kemudian di ambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Berikut adalah daftar bebrapa istilah umum dalam www. Figure 3,5 mengilustrasikan bagaimana protocol, nama domain dan path yang digunakan.
·          Situs web: sekumpulan halaman web ( biasanya terdapat pada satu computer) yang terhubung dengan internet dan menyimpan file-file hypermedia yang dapat di akses dalam computer lain di dalam jaringan melalui link hypertext.
·         Link hypertext: suatu petunjuk yang terdiri atas text atau grafik yang digunakan untuk mengakses hypertext yang di simpan di semua alamat situs web.
·         Halaman web: suatu file hypermedia yang tersimpan pada satu alamat situs web yang unik.

·          Home page: halaman pertama suatu situs web. Halaman-halaman situs yang lain akan di  jangkau oleh home page.
·          Browser : peranti lunak yang dirancang untuk menemukan dan membaca file-file di internet yang ditulis dalam bahasa hypertext(hypertext martup language-HTML).
·          Universal resource locator (URL): alamat unik suatu situs web.
·         Protocol : sekumpulan standar yang mengatur komunikasi data. HTTP (hypertext transport protocol)  adalah protocol untuk hypertext. Protocol web umum lainya adalah FTP ( File Transfer Protokol). Di dalam suatu URL, nama protocol akan di ikuti oleh tanda titik dua (:) dan dua garis miring (//).
·         Nama domain: alamat siteus web dimana sebuah halaman web disimpan.
·         Path: suatu direktori/sub direktori dan file tertentu di situs web. HTML( atau HTM) adalah akhiran untuk kode program yang mengacu pada file hypertext.
Netscape navigator adalah browser awal yang di gunakan untuk melihat kandungan web yang masih dipergunakan hingga saat ini. Browser internet yang paling popular saat ini adalah internet explorer dari microsoft. Pada tahun 2005, sekitar 89% pengguna AS mengakses web melalui internet explorer. Browser netscpe selama beberapa tahun ini sudah tidak menjadi pesaing yang tidak serius lagi bagi internet explore, namun ia masih tetap dipergunakan. Sebuah produk gratis dari Mozilla (www.mozilla.org) yang disebut firefox memiliki pangsa pasar sebasar hamper 7% dan semakin berkembang popularitasnya. Firefokx dinobatkan menjadi salah satu 100 produk terbaik oleh PC world magazine pada edisi bulan juli 2005.

File transfer protocol dengan file transfer protocol(FTP) para pengguna dapat mnenyalin file ke computer mereka dari semua situs web. Banyak situs FTP menawarkan perpindahan data dalam satu direktori saja. Beberapa perusahaan membuat situs FTP di luar permis utama mereka utuk memberikan file yang membuat informasi produk, update peranti lunak, rilis berita, dan informasi lain. Data yang sensitive tidak di simpan di situs di luar permis, dan lalu lintas internet yang memiliki volume besar tidak akan mengganggu operasi perusahaan karena sumber daya computer perusahaan secara fisik terpisah dari situs diluar permis.             


8.      CYBERSPACE DAN SUPER HINGHWAY INFORMASI
Dua istilah lain yang juga dikaikan dengan Internet dan Web-cyberspace dan superbigbway (jalan bebas hambatan super) informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan ketika penulisan William Gibson menggunakan dalm bukunya Neuromancer menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini, cyberspace berarti dunia Internet dan World Wide Web. Istilah superhinghway informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penih mengenai dampak akhirnya pada masyarakat.
a.      Standar internet
Salah satu alasan utama mengapa internet dan web telah di terima dengan tangan terbuka oleh pengguna computer di seluruh dunia adalah karna keduanya bekerja sama sebagaisatu system tunggal yang dapat di gunakan dari platform computer apapun. Seseorang pengguna dengan PC Dell atau workstation sun dapat mengambil halaman web yang sama seperti sdeorang pengguna dengan PowerBook Apple agar hal inio dilakukan, setiap orang yang memberikan kontribusi pada internet dan arsitektur web harus mengikuti peraturan-peraturan yang sama.
Dua organisasi telah mengambil peran kepemimpinan dalam menciptakan standar standar internet dan web masyarakat internet di bentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan penggunaan internet secara komersial dan telah mendegelagikan tanggung jawab mengenai standar-standar internet kepada internet Engineering task forc-IETF. Sedangkan standar web berasal dari world wide web consortium (w3c).

9.      APLIKASI BISNIS INTERNET
Secara sederhana, internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Berbeda dengan jaringan standar internet dapat digunakan oleh semua jenis platform computer tanpa harus melakukan upaya kusus.
 jumlah disitus internet yang fenomenal telah menjadikan internet sebagai sumber informasi yang tidak dapat di abaikan. Internet software consortium (www.ISC.ORG) telah membuat grafik peningkatan nama-nama domain dari hanya beberapa di awal tahun 1990an, menjadi 353 juta pada bulan juli 2005 domain-domain baru ini  mencerminkan pelanggan-pelanggan, dan pemasok, sekutu- sekutu bisnis baru.
a.      Aplikasi ritel
Aplikasi bisnis web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagaian besar telah hadir di web. JCPenney membuka situs webnya pada tahun 1994 menawarkan lebih darei 350 jenis barang wal-mart membuka toko webnya pada pertengahan tahun 1996 dengan harapan untuk menargetkan produk-produknya pada pelanggan dengan kelasd ysng lebih tinggi dari pada yang biasanya belanja ditoko-toko.
Banyak partikel homepage mereka yang dapat secara langsung melalui web di suatu situs gabungan yang di sebut mall maya(virtual mall) dengan harapan bahwa satu nama mall akan lebih mudah untuk dikenali dan di temukan daripada nama toko mereka masing-masing. Satu mall maya dapat mengambil pemandangan mall tradisional (yaitu kumpulan dari berbagai jenis toko). CyberTown (www.cybertown.com/malldir.html) dan 24 hour-mall(www24hourmall.com) adalah kumpulan 2 toko seperti itu.

10.  SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNA INTERNET
Meskipun web masih berusia relative muda perusahaan-perusahaan telah mengidentifikasikan beberapa kunci untuk keberhasilan penggunanya. Para exekutif yang membuat keputusan strategi bagi perusahaan hendaknya mempertimbangkan tips-tips berikut ini dan memberikan tanggung jawab untuk mencapai tujuan-tujuan ini kepada CIO dan bidang IS:
a.      Pastikan situs web anda kuat: ketika anda membuat komitmen kepada suatu poyek web, bersiaplah untuk pergi keluar halaman web, dan mengaitkan basis data anda dengan web melalui aplikasi-aplikas anda. Hal ini akan memungkinkan anda mengitergrasikan web kedalam system informasi berbasis computer yang anda miliki. Daripada hanya menggunakannya sebagai satu cara untuk menyediakan dan mendapatkan informasi. Intergrasi dengan basis data perusahaan adalah satua hal yang penting.
b.      Pastikan browser dan struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif: hal ini akan memungkinkan anda menangani perkembangan dimasa mendatang dan memberikan akses cepat bagi para pengguna.
c.       Menekan isi: jangan terjebak pada gambar, audio, dan video sehingga anda melupakan sasaran utama dadlam menyediakan insormasi untuk isi yang kuat, tidakl ada yang dapat mengalahkan naratif dan tampilan berbentuk table.
d.      Sering diperbaharui: mengundang para sekutu bisnis dan pelanggan yang melihat-lihat untuk selalu dating kembali. Pembaharuan setiap hari bukanlah hal yang terlalu sering bagi para banyak perusahaan.
e.       Melihat diluar pelanggan: gunakan internet untuk memperbaiki komunikasi dengan seleruh unsur lingkungan perusahaan kecuali pesaing tentunya.
f.       Tunjukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna: pengguna mendorong untuk mendaftarkan nama, alamat, dan minat mereka pada situs anda. anda dapat menggunakan informasiini untuk menyesuaikan halaman situs anda sesuai dengan kebutuhan pengguna anda.
g.      Menjadikan internet intuitif: lakukan segala hal yang bias anda lakukan untuk membuat situs anda secepat dan sefisien mungkin jangan terlalu banyak mengunakan grafik, karna akan memperlamab tampilan. Ingat, rancang antar muka dari sudut pandang pengguna bukan perusahaan.
h.      Berada dilokasi web yang tepat: jika situs web anda tidak menghasilkan lalu lintas yang sebanyak anda harapkan, pertimbangan untuk mengaitkannya dengan situs situs lain, seperti situs asosiasi perdagangan dan industri dan organisasi-organisasi professional.
i.        Ciptakan rasa kebersamaan: libatkan pengguna dalam situs anda dengan memberikan bagi mereka untuk memberikan saran, keluhan, dan seterusnya.
j.        Carilah bantuan jika anda membutuhkannya: pekerjaan web adalah pekerjaan yang sangat terspesialisasi. Dari pada mengembangkan keahliah internal sendiri mungkin jika masuk akal jika mengontrakkan pembuatan dan pemeliharaan situs web anda kepada para professional.
Saran-saran diatas menujukan bahwa memenfaatkan web secara sepenuhnya tidak hanya sekedar membuat halaman web saja. Keberadaan web yang baik membutuhkan lebih banyak usaha dari pada kebanyakan proyek-proyek lain yang tidak berhubungan dengan web.

11.  DAMPAK INTERNET DIMASA MENDATANG
Para pengguna internet adalah satu kelompok yang beragam. Masih banyak usia muda, namun yang berusia lebih tua(dengan lebih banyak penghasilan untuk dibelanjakan) memeliki dampak yang substansialpada ramalan ekonomi e-commerce. Bahkan ketika uang tidak dibelanjakan secara online, konsumen sering kali menggunakan web untuk menggunakan penelitian atas pembelian mereka sebelum pergi ke toko. Sekitar 1 dari 5 orang yang meneliti suatu produk di web pembelian online, sedangkan 4 yang lain perlu ketoko untuk melakukan pembelian.
E-commerce sedang mengalami perkembangan baik itub di amerika serikat maupun diseluruh dunia amerika serikat telah m,elihat tingkat pertumbuhan tahunan e-commerce yang substansial sebesar hamper 15% dalam 5 tahun terakhir. E-commerce yang biasa terjadi antar bisnis. E-commerce B2B nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan pelayanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan oleh B2B adalah yang membuat organisasi bisnis competitive.
Pertanyaan yang mesti harus dijawab adalah dampak yang akan diberikan oleh jasa telepon 3G pada e-commerce B2C. amerika serikat telah lambat dalam mengambil keuntungan Dari jasa ini, dan eropa khususnya jepang terus maju dengan aplikasi-aplikasi bisnis yang inovatif. Jasa seluler 3G memungkinkan komputasi berkelas bisnis dilaksanakan dimanapun dikebanyakan wilayah metropolitan. Ia juga akan memikirkan pelanggan dengan telepon 3G melakukan pembelian dengan menggunakan mereka sebagai kartu debit atau kartu kredit. Bahkan telepon 4G yang lebih cepat diuji di china dan jepang dan seharusnya akan lama tersedia tidak berapa lama lagi.
Pada tahun 2008 telepon seluler harusnya ada digunakan secara rutin untuk pembelian-pembelian kecil: mereka bahkan dapat menandingi pengguna kartu debit saat ini. Tantangan yang lebih besar adalah poenggunaan mereka untuk pembelian barang-barang mahal. Jepang mengambil posisi pimpinan dalam menggunakan telepon seluler untuk transaksi-transaksi keuangan. Seiring dengan amerika serikat yang mulai mengejar ketinggalannya dalam menggunakan jasa seluler 3G yang lebih luas, seperti jasa seluler: broadband: varizone, amerika serikat dapat menjadi suatu pimpinan dunia dalam bidang e-commerce melalui peralatan seluler.



BAB III
 PENUTUP
A.                   Kritik dan Saran
Dalam menjalankan kegiatan perdagangan elektronik atau E-Commerce kita harus menjamin keselamatan, kenyamanan dan keamanannya dalam bertransaksi kepada pelanggan agar kepercyaan pelanggan terpupuk sehingga tidak ragu dalam membeli produk kita baik secara fisik maupun maya. 
B.                    Kesimpulan
Beberapa orang mendefinisikan perdagangan elektronik (yang disebut jugae-commerce) dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikanhanya meliputi  transaksi bsnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan computer mereka masing – masing melalui internet. Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi – transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat diklarifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi tetap berada didalam batas perusahaan, Orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik. Membatasi transaksi internal versus eksternal sebagai bisnis elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan menawarkan banyak bantuan, karena kebanyakan orang menganggap bisnis elektronik sebagai suatu hal yang sama.
Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan –perbaikan ini diharapkhan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
1.      Pebaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualan
2.      Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunikasi keuangan
3.      Peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Manfaat di atas akan memberikan kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi komputer. Ingat bahwa peningkatan laba tidak termasuk kedalam manfaat yang diharapkan e-commerce. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi yang mencapai tujuane-commerceadalah sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.

C.                          Daftar Pustaka
G. Premkumar, K. Ramamurthy, dan Sree Nilakanta, “Implementation of electronic Data Interchange: At Innovation Diffsuion Perspektive,” Journal of Management Information System 11 (Musim Gugur 1994),158.
E-Stats United Department of Commerce, 11 mey 2005, terdapat di www.cencus.gov, link ke “E-Stats.”
Doung Young, “eBay Plants PayPal Launch in China,”Reuters(Shanghai), 7 juli 2005 (wire feed).
David Pogue, “Beyond wi-fi: Laptop Heaven But At a Price, “NYTimes.com 23 juni 2005, C-1.
Shop.org, tersedia di www.shop.org /stats_usshop_general.asp.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar